MULTI AKAD DALAM TINJAUAN HADIS NABI SAW


MULTI AKAD; KAJIAN TAFSIR HADIS “BAI’ATAIN FI BAI’AH”
Oleh: Wahyudi Ibnu Yusuf

Terdapat sejumlah hadis yang terkait dengan dua akad dalam satu akad atau bahkan lebih dari dua akad dalam satu akad. Istilah kontemporer disebut multi akad.

Hadis pertama
Dari Abu Hurairah, beliau berkata:
نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعَتَيْنِ فِي بَيْعَةٍ
Rasulullah Saw melarang dua akad dalam satu akad (HR. Tirmidzi no. 1152 sanad hadis ini hasan)


Hadis kedua
Dari Abu Hurairah, Nabi Saw bersabda:
مَنْ بَاعَ بَيْعَتَيْنِ فِي بَيْعَةٍ فَلَهُ أَوْكَسُهُمَا أَوْ الرِّبَا
“Barangsiapa melakukan dua transaksi dalam satu transaksi maka baginya kekurangannya atau riba” (HR. Abu Dawud no. 3002)

Hadis ketiga
Dari Abdullah bin Umar, Nabi Saw bersabda:
مَطْلُ الْغَنِيِّ ظُلْمٌ وَإِذَا أُحِلْتَ عَلَى مَلِيءٍ فَاتْبَعْهُ وَلَا تَبِعْ بَيْعَتَيْنِ فِي بَيْعَةٍ
"Penundaan orang kaya dalam membayar hutang adalah kezhaliman, jika hutangmu dipindahkan kepada orang kaya maka ikutilah ia dan tidak ada dua akad dalam satu (transaksi) penjualan." (HR. Tirmidzi no. 1230. Imam Tirmidzi nyatakan hasan)

Hadis keempat
Dari Abdullah bin Amr bin ‘Ash, berkata:
نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعَتَيْنِ فِي بَيْعَةٍ وَعَنْ بَيْعٍ وَسَلَفٍ وَعَنْ رِبْحِ مَا لَمْ يُضْمَنْ وَعَنْ بَيْعِ مَا لَيْسَ عِنْدَكَ
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam melarang dua penjualan dalam satu transaksi, dan dari menjual dengan meminjamkan, dan dari keuntungan dari barang yang tidak dapat dijamin, dan dari menjual yang tidak ada padamu (HR. Ahmad no 6339 sebagian ulama hadis menyatakan hasan sebagiannya menyatakan shahih)

Pendapat ulama tentang Dua akad dalam satu akad
Merujuk kitab  al ‘Uqud al Maliyah al Murakkabah hal. 75- 92 terdapat lima kelompok pendapat mengenai makna ‘bai’atain fi bai’ah dan  “shafqatain fi shafqah” atau dua akad/transaksi pada satu akad pada hadis-hadis di atas
Pendapat pertama
Menjual satu barang dengan dua harga berbeda. Seperti ucapan: “Saya jual ke Anda barang ini dengan harga Rp. 70.000 secara kontan atau Rp 100.000 secara kredit (tempo). Dengan ketentuan jual beli ini bersifat mengikat dengan salah satu model akad yang ditawarkan. Sementara dua pihak yang berakad berpisah tanpa menentukan salah satu dari dari dua akad yang ditawarkan. Pendapat ini merupakan satu pendapat dari dua pendapat ulama madzhab Hanafi, pendapat yang masyhur menurut ulama madzhab Maliki, satu dari dua pendapat dalam madzhab Syafi’i, dan pendapat madzhab Hanabilah. Ini merupakan pendapat jumhur ulama 

Konteks larangan adalah tidak adanya penetapan model akad serta harga yang dipilih sebelum pihak yang berakad berpisah. Hal ini berdampak pada tidak jelasnya harga. Seandainya dipilih salah satu akadnya maka hukumnya boleh.

Pendapat kedua
Dua akad yang dimaksud adalah akad bersyarat. Artinya sempurnanya akad kedua bergantung pada akad pertama. Seperti ucapan: “Saya jual rumah saya ini pada Anda dengan syarat anda jual atau anda sewakan rumah Anda pada saya”. Ini adalah pendapat yang masyhur dalam madzhab Hanafi, satu dari dua pendapat madzhab Syafi’i, dan pendapat yang masyhur dalam madzhab Hanabilah. 

Pendapat ini pula yang dipilih oleh Imam Syafi’i, beliau menyatakan:
وَمِنْ مَعْنَى نَهْيِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعَتَيْنِ فِي بَيْعَةٍ أَنْ يَقُولَ أَبِيعَكَ دَارِي هَذِهِ بِكَذَا عَلَى أَنْ تَبِيعَنِي غُلَامَكَ بِكَذَا فَإِذَا وَجَبَ لِي غُلَامُكَ وَجَبَتْ لَكَ دَارِي
Di antara makna larang Nabi Saw tentang dua akad jual beli dalam satu akad adalah ucapan: “Saya jual rumah saya ini pada Anda dengan harga sekian dengan syarat anda jual budak Anda pada saya. Dengan demikian jika budak Anda menjadi milik saya maka rumah saya akan menjadi milik Anda (Sunan at Tirmidzi)

Pendapat ketiga
Mengakadkan barang yang belum dibeli atas permintaan pembeli secara kredit. Misalnya, ucapan: “Belilah barang ini untukku secara kontan, hingga saya membelinya dari anda secara kredit”
Alasan pelarangannya adalah menjual barang yang belum dimiliki oleh penjual.
Pendapat ini kurang tepat dari sisi bahwa Nabi Saw memberikan rincian  atas apa saja yang beliau larang. Beliau telah membedakan antara bai’atain fi bai’ah (dua akad dalam satu akad) dengan jual beli barang yang belum dimiliki (maa laisa ‘indaka). Pembagiannya keduanya disambung dengan waw ‘athaf (hurf sambung). Hal ini menegaskan bahwa keduanya adalah dua hal yang berbeda dan tidak saling menafsiri. Perhatikan ucapan  Abdullah bin Amr bin ‘Ash:
نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعَتَيْنِ فِي بَيْعَةٍ وَعَنْ بَيْعٍ وَسَلَفٍ وَعَنْ رِبْحِ مَا لَمْ يُضْمَنْ وَعَنْ بَيْعِ مَا لَيْسَ عِنْدَكَ
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam melarang dua penjualan dalam satu transaksi, dan dari menjual dengan meminjamkan, dan dari keuntungan dari barang yang tidak dapat dijamin, dan dari menjual yang tidak ada padamu (HR. Ahmad no 6339 sebagain ulama hadis menyatakan hasan sebagiannya menyatakan shahih)

Pendapat keempat
Meminjam senilai satu dinar pada 1 qafiz gandum selama satu bulan. 1 qafidz = 36, 693 kg. Ketika telah jatuh tempo (1 bulan) dan pihak yang meminjami meminta pengembalian. Peminjam berkata: juallah gandum tersebut padaku dengan tempo 2 bulan dan akan saya bayar 2 kali  lipat (2 qafiz). 

Pendapat kelima
Dua akad dalam praktik jual beli ‘inah
Contohnya: A menjual rumah pada B seharga Rp 100 juta secara kontan. Dengan syarat B menjual rumah tersebut pada A seharga Rp 150 juta secara kredit (tempo). Inilah yang dinamakan jual beli ‘inah. Ini adalah pendapat yang dipilih oleh Imam Ibnu Taimiyah dan Ibn Qayyim al Jauziyah. Inilah pendapat yang dirajihkan  pengarang kitab al ‘uqud al maliyah al murakkabah, alasanya pendapat ini lebih mendekati pada terjadinya riba pada fakta dua akad dalam satu akad. 

Pendapat Syaikh Taqiyuddin an Nabhani
Pendapat yang dipilih dan dirajihkan oleh pengarang kitab Asy Syakhshiyyah al Islamiyyah, al ‘Allamah asy Syaikh Taqiyuddin an Nabhani adalah pendapat kedua dan pendapat keempat. Mengenai pendapat kedua beliau menyatakan:
وأمّا ما رواه أحمد (نهى النبي صلى الله عليه وسلم عن صفقتين في صفقة) فالمراد منه وجود عقدين في عقد واحد، كأن يقول: بعتك داري هذه على أن أبيعك داري الأخرى بكذا، أو على أن تبيعني دارك أو على أن تزوجني بنتك. فهذا لا يصح لأن قوله: "بعتك داري" عقد، وقوله: "على أن تبيعني دارك" عقدٌ ثان واجتمعا في عقد واحد، فهذا لا يجوز
Adapun riwayat Imam Ahmad (Nabi saw melarang dua akad dalam satu akad). Maksud shafqatain fi shafqah adalah adanya dua akad dalam satu akad. Seperti ucapan: “ Saya jual rumah saya ini pada anda dengan syarat  anda membeli rumah saya yang lain, sekian”. Atau dengan syarat anda menjual rumah anda pada saya atau dengan syarat anda menikahkan putri anda pada saya. Ucapan atau akad seperti ini tidak sah karena ucapan “ saya jual rumah saya pada anda” adalah akad. Sedang ucapan “ Dengan syarat anda menjual rumah anda pada saya” adalah akad kedua dan terhimpun dalam satu akad. Kasus seperti ini tidak boleh. (asy-syakhshiyyah al islamiyyah juz 2 hal. 307)

Mengenai pendapat keempat, setelah mengutip pendapat Ibnu Ruslan dalam kitab Syarh as-Sunan sebagaimana telah dikutip pada pendapat keempat (asy-syakhshiyyah al islamiyyah juz 2 hal. 307). Beliau lalu menyimpulkan bahwa menjual ulang dengan harga yang lebih mahal karena sebab pengunduran waktu (tempo) atas barang yang sudah diakadkan dengan harga tertentu (lebih murah) juga termasuk dua akad dalam satu akad. Beliau menyatakan:
 
ولو قال له: بعتك هذه الدار بألف فقال: قبلت، ثم قال له: أجّلني شهراً لدفع الثمن، فقال: أزيد عليك الثمن، ثم باعه الدار نفسها إلى أجل بثمن أزيد من الثمن الأصلي الذي سُمي للبيع فإنه لا يجوز، لأنه حصل بيعتان في بيعة واحدة أو في سلعة واحدة أو في عقد واحد وأحدهما أزيد من الآخر، ففي هذه الحال صحّ البيع ولكن الذي يلزم هو الثمن الأقل، وأن أخذ الثمن الأكثر كان ربا، لأن الرسول صلى الله عليه وسلم يقول: (من باع بيعتين في بيعة فله أوكسهما أو الربا) أي أنقصهما أو يكون ربا. فقوله: له أوكسهما يدل على صحة البيع ولزوم الثمن الأقل، فإن الحكم بالأوكس يستلزم صحة البيع.

Jika penjual berkata: “Saya jual pada anda rumah saya ini dengan harga seribu”. Dijawab: “Saya terima”. Kemudian pembeli berkata: “ Berilah tangguh kepada saya selama sebulan untuk membayar harganya”. Penjual: “Saya tambahkan padamu harganya”. Kemudian rumah tersebut dibeli dengan tempo pembayaran satu bulan dengan tambahan harga dari harga asal yang sudah disebutkan dalam akad maka jual beli seperti ini juga tidak boleh (haram). Karena telah terjadi dua jual beli dalam satu jual beli, atau dua jual beli pada satu barang, atau dua jual beli pada satu akad dimana salah satunya dengan tambahan harga dari harga pertama. Pada kondisi seperti ini jual beli dengan harga yang paling kecil hukumnya sah. Jika yang diambil akad jual beli pada harga yang lebih besar maka itu adalah riba. Karena Rasul saw bersabda: “Siapa yang melakukan dua akad jual beli dalam satu akad jual beli maka baginya adalah harga yang terkecil atau dia mengambil riba (jika mengambil harga yang lebih mahal). Artinya ambilnya harga yang terendah, atau jika mengambil harga yang lebih mahal maka terjatuh pada riba. Sabda Nabi  “lahu awkasuhuma” (yang terkecil) menunjukkan sahnya jual beli dengan terikat pada harga termurah. (asy-syakhshiyyah al islamiyyah juz 2 hal. 308)

Mengenai pendapat pertama Syaikh Taqiyuddin tidak memasukkannya dalam dua akad selama diputuskan salah satu dari dua penawaran harga di majlis akad. Beliau menyatakan:
Dalam transaksi jual-beli boleh menawarkan dua sistem pembayaran untuk satu barang; kontan atau kredit, karena dalil yang membolehkan jual-beli, yaitu firman Allah“Allah menghalalkan jual-beli” (Q.S Al-Baqoroh; 275), sifatnya umum. Jadi transaksi jual-beli dalam bentuk apapun adalah halal selama tidak ada dalil yang mengharamkannya, seperti bai’ul ghoror. Dan untuk kasus di atas, menjadikan dua sistem pembayaran pada satu barang, tidak ada nash yang mengharamkannya. Dengan begitu, masuk dalam keumuman ayat, yaitu halal. Di samping itu, Nabi saw. bersabda; “jual-beli itu didasarkan pada keridloan dua belah pihak”. Dalam hal ini keduanya diberi pilihan dan terjadilah transaksi sesuai kesepakatan mereka. Mayoritas Ulama fiqh menyatakan boleh menjual barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga kontan karena kredit. Diriwayatkan dari Thowus, Hakam dan Hammad, mereka mengatakan hukumnya boleh seseorang mengatakan; saya menjual kepada kamu segini dengan kontan, dan segini dengan kredit, lalu pembeli memilih salah satunya. Ali RA berkata; barangsiapa memberikan tawaran dua sistem pembayaran; langsung dan tempo, maka tentukanlah salah satunya sebelum transaksi”. Berdasarkan itu, jelaslah bahwa boleh memberikan penawaran dua sistem pembayaran pada satu barang, lalu melangsung transaksi dengan satu dari dua sistem atas dasar kesepakatan kedua belah pihak, dan jual-beli dengan cara itu adalah sah (asy-syakhshiyyah al islamiyyah juz 2 hal. 306)

Adapun pendapat kelima, sejatinya juga telah terjadi dua akad, dimana terjadinya akad kedua dengan syarat akad pertama berlangsung. Selain itu terdapat hadis khusus yang melarang jual beli ‘inah ini. ‘Aliyah binti Ayfa’ bin Surahbil berkata, “Aku, Ummu Walad Zaisd bin Arqam dan Istrinya pernah menemui ‘Aisyah rah. Lalu Ummu Walad Zaid bin Arqam berkata, ‘Aku menjual seorang hamba sahaya dari Zaid bin Arqam seharga 800 dirham secara kredit, kemudian aku membeli darinya seharga 600 dirham secara kontan. ‘Aisyah lalu berkata:’Alangkah buruknya apa yang engkau jual dan beli. (HR. Malik dan Daruquthni)

Kesimpulannya, multi akad dapat terjadi dalam beberapa bentuk:
1.     Satu barang yang dijual dengan dua sistem penjualan dengan harga berbeda (kontan lebih murah, kredit lebih mahal). Jika dalam waktu  tertentu tidak bisa membayar harga kontan maka digunakan harga yang lebih mahal sebagai akibat penundaan pembayaran. Pada kasus ini akad harga yang murah tetap sah.
2.     Akad pertama menjadi syarat terwujudnya akad kedua. Baik pada akad jual beli maupun akad-akad yang lain seperti akad nikah dan ijarah
3.     Satu barang dijual dengan cara kontan lalu dibeli kembali oleh pihak penjual dengan akad kredit atau sebaliknya.

Banjarmasin, 18 Dzulhijjah 1440 H/18 Agustus 2019





Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAKWAH, FARDHU ‘AIN ATAU FARDHU KIFAYAH?

MENGUPAS KAIDAH “MÂ LÂ YATIMMU Al-WÂJIB ILLÂ BIHI FAHUWA WÂJIB”

CARA DUDUK TASYAHUD AKHIR MENURUT 4 MADZHAB