Adakah Riba dalam SIMPEL BTN?

*Adakah Riba di SIMPEL BTN?*

*Mengenal Riba*

Riba secara bahasa maknanya adalah ziyadah (tambahan)

Di antara bentuk riba di zaman Jahiliyah
adalah riba Nasi'ah. Contohnya jika A pinjam (qardh) pada B misalkan 100rb. Pinjaman tsb wajib dikembalikan selama satu bulan dengan tambahan 10rb, sehingga total yang harus dikembalikan rp 110rb. Nah, yang rp 10rb inilah yang merupakan riba. Jika peminjam terlambat membayar, misalkan 2 bulan. Maka peminjam wajib mengembalikan rp 120 rb atau bahkan lebih. Tambahan inilah yang dinamakan riba nasi'ah (ziyadah/tambahan karena tempo atau pengunduran waktu pembayaran pada akad qardh/pinjaman)

*Riba pada Bunga Bank*

Riba nasi'ah pada bunga bank dapat terjadi dua arah. Pertama ketika bank meminjamkan sejumlah uang lalu mengenakan bunga pada nasabah. Kedua, *dana yang ditabungkan nasabah  pada bank dg akad qardh (pinjaman) dan mendapatkan bunga*. Bunga ini hakikatnya adalah riba karena merupakan tambahan atas pinjaman. Dalilnya adalah hadis Nabi yang menyatakan:
كل قرض جرى منفعة فهو ربا
Setiap pinjaman yang mengambil manfaat (dalam hal ini bunga) adalah riba

*Riba adalah Dosa besar*

Riba adalah dosa besar yang dikecam Allah dan Rasul-Nya. Dalam al Quran di disebutkan bahwa pemakan riba akan dibangkitkan kelak dari kubur dalam keadaan sempoyongan seperti orang yang kerasukan setan (al Baqarah ayat 275) di ayat 279 di surah yang sama Allah memaklumkan perang pada orang yang tetap memakan harta riba. Jika diperangi Allah , apa ada harapan menang? Apakah hidupnya akan berkah?. Dalam hadis yang sahih juga disebutkan bahwa doa riba memiliki lebih 70 pintu dan dosa yang paling kecil bagaikan seseorang yang menzinahi ibunya sendiri. Dalam hadis lain disebutkan bahwa 1 dirham (dirham adalaha perak seberat 2,975 gr atau sekitar rp 45rban,  jika diasumsikan harga perak setiap gramnya  rp 15rb)  *maka dosanya lebih berat dari 36 kali berzina*.

*Fakta dan Hukum SIMPEL BTN*

Setelah diskusi dengan pegawai BTN (sebagian orangnnya saya kenal, krn pernah tausiyah di BTN). SIMPEL (Simpanan Pelajar) adalah simpanan yg pembukaan rekening awal minimal Rp 5rb. Selanjutnya dapat menabung minimal seribu rupiah. *Bebas biaya administarasi dan TANPA bunga*. Dengan mengkaji fakta (tahqiq al manath) SIMPEL BTN dapat ditarik kesimpulan bahwa TIDAK ADA UNSUR RIBA di dalamnya.

Demikian tulisan singkat dan mendadak ini. Smg bermanfaat.

#BerilmuSebelumAmal

Alalak, 7 Muharram 1440 H/17 Sept 2018

Al faqiir ilaLlah Wahyudi Ibnu Yusuf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAKWAH, FARDHU ‘AIN ATAU FARDHU KIFAYAH?

MENGUPAS KAIDAH “MÂ LÂ YATIMMU Al-WÂJIB ILLÂ BIHI FAHUWA WÂJIB”

CARA DUDUK TASYAHUD AKHIR MENURUT 4 MADZHAB